AF MENJADI AFI

Lambang Jurusan Akidah dan Filsafat Islam UIN Antasari Banjarmasin


Salah satu jurusan pada Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, yaitu Akidah Filsafat (AF) sekarang berubah nama menjadi Akidah dan Filsafat Islam (AFI). Perubahan ini dibenarkan oleh Abdul Hakim selaku Ketua Jurusan AFI, Sabtu (3/2).

Abdul mengatakan bahwa perubahan nama ini resmi ditetapkan pada tanggal 3 Januari 2018. Hal ini berdasarkan hasil visitasi akreditasi Prodi AFI oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
“Untuk acara peresmiannya sendiri tidak ada. Nanti dari dosen-dosen yang akan memberitahu mahasiswanya bahwa nama Jurusan Akidah Filsafat sudah berubah. Dan juga, sertifikat resmi dari BAN-PT sampai saat ini belum terbit,” Jelasnya saat wawancara via Whatsapp.

Perubahan nama ini berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 33 Tahun 2016, tentang perubahan nomenklatur Prodi AF menjadi AFI. “Alhamdulillah, nilai akreditasi juga meningkat dari 312 (B) ke 343 (B gemuk),” Ungkapnya.

Selain akreditasi, kurikulum yang digunakan juga akan berubah. “Dan, untuk Prodi AFI sendiri, kurikulum akan diutamakan dalam penguatan Filsafat Islamnya,” Ujarnya.

Perubahan nama jurusan AF menjadi AFI tidak berhubungan dengan perubahan status IAIN menjadi UIN. “Tidak ada hubungannya dengan UIN. Meskipun untuk proses akreditasi AFI, kami melampirkan SK perubahan status IAIN menjadi UIN. Dan, semua prodi di UIN yang sertifikatnya masih memakai IAIN juga akan melakukan reakreditasi untuk bisa mengeluarkan ijazah UIN-nya,” Jelasnya menutup wawancara pada tim SUKMA.

Rep: Norys
Editor: Ades