Selasa, 30 Januari 2018

Puput: Ini sepenuhnya bukan kesengajaan saya

gambar diambil dari cet. koran
 
BSukma - Beberapa hari lalu, tersebar foto di media sosial yang mencuri perhatian banyak kalangan, khususnya UIN Antasari Banjarmasin. Di dalam foto itu terlihat seorang mahasiswi sedang tidak menggunakan hijab pada salah satu media cetak yang terbit pada 26 Januari 2018. 

Dalam berita itu diketahui, Putri Rinjani atau yang akrab dipanggil Puput ini adalah mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah Angkatan 2017. Saat ditemui tim SUKMA, Puput mengatakan telah memenuhi panggilan Wakil Dekan III Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Selasa (30/1).
 
Diakui Puput bahwa Ia tidak sepenuhnya sengaja atas pemberitaan itu hingga diterbitkan. “Saya diwawancari oleh salah satu media via Whatsapp tentang Lifestyle. Dan, saya diminta ngirim foto yang bukan foto selfie. Awalnya saya mau ngirim foto yang berjilbab, tapi itu selfie semua. Akhirnya saya kirim foto yang enggak berjilbab karena itu satu-satunya foto setengah badan di memo saya,” ungkap Puput.
 
Puput mengira bahwa berita itu hanya akan di posting di Instagram atau media sosial lain yang bukan cetak. “Makanya saya berani kirim foto itu,” ujarnya.
“Saya merasa sangat bersalah dan berharap tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi,” tuturnya dengan penuh penyesalan.
 
Menanggapi hal ini, Muhaimin selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. “Kami dari pihak kampus untuk saat ini hanya memberi peringatan kepada Putri Rinjani, yaitu berupa penulisan surat klarifikasi. Dan, berdasarkan klarifikasi yang disampaikannya bahwa Ia tidak sepenuhnya sengaja atas berita yang membawa namanya ini. Rinjani mengatakan bahwa Ia tidak begitu tahu jika berita ini dipublikasikan di media cetak. Jadi kami masih memberi kesepatan berupa peringatan. Namun jika terulang lagi, maka akan kami tindak lanjutpada sanksi.” Jelasnya.
 
Muhaimin juga berharap kedepannya kejadian ini dijadikan pelajaran, baik untuk Puput maupun mahasiswa yang lain agar lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan. Karena menurutnya, jika itu terjadi, maka nama kampus yang akan dibawa.
 
“Maka dari itu, mari kita bersama-sama menjaga sikap dan tindakan agar nama kampus juga tetap terjaga,” Tutup Wakil Dekan III pada tim SUKMA.


Rep: Kiki
Foto: LPM Sukma
Editor: Ades

Jejak Redaksi

Labels