PKMD yang Iritabilitas, Nasionalis dan Religius



Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMTD) baru saja usai digelar di empat Fakultas yang ada di kampus UIN Antasari. Termasuk Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) yang baru melakukan kegiatan indoor dua hari yang lalu, 16-17 Desember.
Sebelumnya kegiatan pelatihan ini telah terlebih dahulu dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (sebelum dipecah menjadi dua Fakultas) pada bulan November lalu. Namun untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam baru melaksanakan kegiatan outdoor pada tanggal 1-3 Desember.
Kemudian pelatihan disusul oleh Fakultas Ushuluddin dan Humaniora pada 7-10 Desember yang lalu. Ada dua nama sebutan untuk kegiatan pelatihan ini. Ada yang menyebut PKMD (Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Dasar). Ada pula yang menyebut PKMTD.
Untuk Fakultas FDIK sendiri menggunakan sebutan PKMD. "Setelah kegiatan indoor pekan ini. Selanjutnya, dari 114 peserta akan keluar lapangan (outdoor) pada 23-24 Desember mendatang di Mandiangin, Banjarbaru." imbuh ketua OC
"Setidaknya ada enam materi yang telah diberikan pada para peserta dalam kegiatan indoor di Aula FDIK. Pelatihan yang masih akan berlanjut hingga pekan depan ini mengusung tema membentuk kader pemimpin yang iritabilitas, berjiwa nasionalis, dan religius".
Sopha, ketua organizing commite (OC) berharap "melalui PKMD FDIK 2017 ini melahirkan jiwa pemimpin yang memiliki kepekaan sosial dan lingkungan." harapnya di usai wawancara oleh tim Sukma. (Jerin)