Tanggulangi Gizi Buruk, PIAUD Gelar Seminar




Kamis (19/10), Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menggelar acara seminar Nasional di Auditorium Masturi Jahri. Pada seminar yang mengusung tema ‘Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Kronis Menyongsong Generasi Emas Indonesia’ tersebut menghadirkan pembicara yang berasal dari Kepulauan Riau, Prof. Dr. Ir. Netti Herawati Guru Besar Gizi dan Pangan Universitas Riau.
Dalam pemaparannya guru besar tersebut menjelaskan bahwa sejak tahun 2007 hingga tahun 2013 permasalahan serius yang dihadapi Indonesia adalah tingginya angka penderita gizi buruk yang ditandai dengan ukuran tinggi badan dibawah normal, angka kematian yang pendek serta berbagai macam penyakit yang meyerang seperti obesitas, serangan jantung dan lain sebagainya. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa salah satu penyebab dari itu semua adalah pola makan yang tidak teraturJuga pola makan  berlebihan sejak dini. Maka dari itu deperlukan suatu upaya pembinaan yang disebut PAUD, hal ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan jasmani dan rohani anak agar ketika memasuki pendidikan lanjut anak-anak berkembang dengan baik.
Disisi lain Indonesia sekarang juga menghadapi masalah gagal gizi, 10% anak-anak di Indonesia mengalami gizi buruk yang kemudian beresiko mengalami kematian atau meninggal dunia, ketika anak-anak usia dini telah mengidap berbagai macam permasalahan tersebut maka kedepannya kita akan kehilangan sumber daya manusia yang luar biasa.

Rep: Matahari
Editor: si Mbah
Sumber foto: Google