Siapkan Bekal Untuk Alumni dan Mahasiswa UIN Antasari dalam Hitungan Hari




Sukma

Sudah sepekan ini, Universitas Negeri Islam Antasari Banjarmasin menggelar Pameran Bursa Kerja, Seminar dan Expo Kewirausahaan terhitung sejak tanggal 24-28 April, sebelumnya juga digelar seminar Pembekalan Dunia Kerja pada Senin pagi. Kegiatan berpusat di dalam dan di halaman gedung Auditorium Mastur Jahri serta halaman perepustakaan UIN Antasari.

Pameran Bursa Kerja yang di ikuti oleh 18 Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada alumni dan mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan. Serta mengasah cara berwirausaha melalui EXPO wirausaha. Raden Yani Gusriani, ketua pelaksana mengatakan, bahwa ada banyak perusahaan yang ingin mengikuti pameran bursa kerja ini. 
Sukma
“Ada banyak sebenarnya yang ingin, tetapi karena kapasitas Auditorium kita hanya 18 Perusahaan, maka yang ikut hanya 18 perusahaan.” Tutrnya, Rabu, (26/04). Ia juga menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan seperti membuat proposal dan mengirim ke beberapa perusahaan memerlukan waktu 3 bulan sebelum kegiatan. Disamping itu, kegiatan ini di sponsori oleh Bank Kal-Sel dan didukunng oleh media patner seperti BanjarmsinPost, Klik Banjar, serta ada beberapa media yang digunakan secara online untuk mensosialisasikan acara.
Acara yang melibatkan semua pihak dan komponen di semua fakultas UIN Antasari ini berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan bekal pada alumni dan mahasiswa.

“Dengan kegiatan ini kita memberikan bekal pada alumni khususnya, dan juga mahasiswa pada umumnya ketika nanti mereka sudah lulus dan berkompetensi di dunia kerja. Pembekalan dunia kerja ini adalah sebagai langkah awal bagi alumni dan mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar bisa bersaing, setelah itu kita juga menjalin kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK), Dinas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan. Ketua BLK juga memberikan banyak kesempatan kepada alumni dan mahasiswa untuk bisa mengikuti pelatihan bahkan mengambil uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi, selain itu juga membekali supaya bisa mandiri dengan seminar dan EXPO Kewirausahaan.  ” Jelas ketua pelaksana yang juga salah satu dosen Fakultas Dakwah ini.
 
Dia juga menambahkan bahwa Prof. Mujib selaku penanggung jawab acara ini berharap sebenarnya agenda ini tidak hanya setiap tahun tetapi per semester karena wisuda diadakan dua kali dalam satu tahun atau per semester. Sehingga calon wisudawan atau mahasiswa yang akan lulus itu dibekali.

Salah satu perusahaan yang berpartisipasi pada pameran bursa kerja ini  adalah PT Sarana Kalsel Ventura. “karena ini bursa kerja jadi kemarin sering ikut. Cuman karena di UIN Antasari ada mengundang  jadi kita berpartisipasi dalam acara ini. Kebetulan memerlukan juga posisi marketing di perusahaan ini jadi mudah-mudahan ada minat dari mahasiswa UIN itu sendiri”. Kata Ibu Ade saat ditanya mengenai mengapa tertarik untuk bekerja sama. Ibu ade juga mengatakan bahwa banyak pengunjung yang datang pada hari pertama dan hari kedua. Sedangkan hari ketiga pengungjung sudah mulai berkurang.

 Rep: IM RIANI & MATAHARI
Editor: si Mbah