Senin, 10 April 2017

Rencana Peringatan Isra’ Mi’raj di UIN Antasari

copy right google.com
Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) bulan ini jatuh pada tanggal 24 April 2017 M atau 27 Rajab 1438 H, pekan keempat bulan April.  Hari besar itu, tak lain adalah Isra’ Mi’raj yang didalamnya terkandung peristiwa yang sangat luar biasa dalam Islam, demikian pengakuan Ahmad Nur, ketua LDK As-Syifa. Ia juga menambahkan bahwa, “pada saat itulah perintah sholat diturunkan, surga & neraka diperlihatkan. Jadi dengan diadakannya acara peringatan isra wal mi'raj ini, kita bisa mengambil ibrah dari peristiwa tersebut sekaligus memperkuat keimanan kita. Dan juga dengan terlaksananya acara isra wal mi'raj ini, kita bisa dikumpulkan dalam satu tempat/majelis yg bisa mempererat tali silaturahim dengan yang lain.” Tuturnya pada reporter Sukma Sabtu (08/04).

Hari besar bagi umat muslim ini pun mendapat sambutan meriah dari organisasi berbasis keagamaan di UIN Antasari. Hal ini terbukti dengan persiapan yang telah dilakukan oleh tiga organisasi berbasis Islam, seperti  LDK As-Syifa, LDK Nurul Fata dan LPPI Annisa.

 Widya (Bendahara Umum LDK Nurul Fata) mengungkapkan bahwa pihaknya akan merayakan pekan Rajabiyah untuk memeriahkan bulan Rajab ini, pada tanggal 24-26 Rajab 1439 H (20-23 April 2017) dengan rangkaian acara festival nasyid se-Kalimanatan Selatan, FESTA (Festival Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an) se Kota Banjarmasin dan ceramah agama.

Hal senada juga diutarakan oleh Ahmad Nur, ketua LDK As-Syifa yang akan memperingati Isra’ Mi’raj pada tanggal 23 Rajab 1438 H (20 April 2017 M) yang bekerjasama  dengan seluruh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. “Kalau persiapan kami insya Allah 100%.” Ujar Ahmad Nur pada reporter Sukma.
 
LPPI Annisa yang saat ini digawangi oleh Nurul Huda juga mengaku akan melaksanakan Isra’ Mi’raj pada 27 Rajab 1438 H (24 April 2017 M).

 Sedangkan tiga oraganisasi berbasis keagamaan lainnya, seperti LDK Al-Fatih, LDK Amal dan  LPPQ mengaku masih akan membicarakan lebih lanjut untuk memperingati Isra’ Mi’raj ini.

Sebagaimana yang diterangkan oleh ketua LPPQ, Fauzi bahwa mereka berencan akan mengadakan  Isra’ Mi’raj namun akan dilakukan perundingan terlebih dahulu mengenai waktu pelaksanaannya. Fauzi mengaku, bahwa pihaknya selalu melaksanakan Isra’ Mi’raj untuk memperingatinya. 

Berbeda halnya dengan LDK Amal, Ikhsan Nurwahyudi selaku ketua mengungkapakan bahwa, “LDK Amal rencananya akan segera merapatkan mengenai peringatan Isra Miraj, namun untuk sekarang kami lebih fokus dahulu untuk acara dauroh ilmyah pada hari Rabu ini.”

Sedangkan LDK Al-Fatih, berharap sebagai lembaga dakwah untuk bisa melaksanakan Isra’ Mi’raj di bulan Rajab ini, meski mereka baru saja melakukan pelantikan kepengurusan sekitar satu bulan yang lalu. “Kami lagi proses penyusunan program kerja, jadi belum sepenuhnya rampung, tapi kami memang brharap sebagai lembaga dakwah, bisa melaksanakan isra miraj untuk bulan rajab ini.” Tutur Aulia, selaku ketua LDK al-Fatih pada reporter Sukma. 

Rep: Bunga & Matahari
Editor: si Mbah
             

Jejak Redaksi

Labels