Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

“PUSKOM Datangkan 10 Unit Komputer Plus Fiber Optik”



SUKMA


Pusat Komputer (PUSKOM) IAIN Antasari Banjarmasin telah menerima 10 unit komputer baru dari bagian perlengkapan IAIN Antasari banjarmasin pada Senin (03/04)  sekitar pukul 14:00 waktu setempat. 10 unit komputer tersebut kini menambah jumlah koleksi komputer di ruangan yang terletak di gedung Pusat Sumber Belajar (PSB) IAIN Antasari Banjarmasin tersebut. 

Zainal fikri, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) IAIN Antasari Banjarmasin mengungkapkan pada reporter SUKMA, Senin sore (03/04), bahwa pengadaan 10 unit komputer tersebut bertujuan untuk berlangsungnya ujian masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mendatang. Ia juga mengakui bahwa pihak PUSKOM sendiri telah menyanggupi 40 personal computer untuk ujian online PTKIN tersebut.  

Berbeda dengan komputer-komputer sebelumnya, ke-10 unit komputer pendatang baru ini dilengkapi dengan fiber optik, yakni sebuah saluran transmisi data, yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. Serat kaca ini sangat tipis dan halus menyerupai rambut manusia. Kabel fiber optik sendiri dapat membawa data hanya dengan menggunakan teknologi optik, yang berarti sepenuhnya menggunakan cahaya untuk mengirim dan menerima data. Sehingga kebutuhan untuk pengiriman data dalam bentuk file, suara, teks ataupun video akan jauh lebih mudah dan cepat.

Zainal menambahkan bahwa hanya sembilan orang yang datang lebih awal lah yang akan beruntung untuk dapat mengunakan komputer-komputer tersebut dengan kondisinya yang masih baru. “Jadi hanya sembilan orang yang beruntung yang dapat menggunakan komputer-komputer ini karena mereka datang lebih awal.” Tutupnya.

Rep: Ret Hiro
Editor: si Mbah


Posting Komentar untuk "“PUSKOM Datangkan 10 Unit Komputer Plus Fiber Optik”"