Sabtu, 18 Maret 2017

Rina Aulia: "saya ingin Go National"

sukma 




Rina Aulia,  “Motivasi serta tujuan saya ingin Go National dan pastinya juara."


IAIN Antasari Banjarmasin mempersiapkan diri untuk mengikuti perhelatan akbar, Pekan Ilmiah, Olah raga, Seni dan Riset (PIONIR ke-VIII) dengan tuan rumah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Perhelatan ini akan diikuti oleh 53 PTKIN se Indonesia. Seluruh perguruan tinggi Islam tersebut akan berkompetisi untuk memperebutkan 51 mendali emas, 51 perak dan 51 perunggu.
"Dipastikan hampir 3.500 mahasiswa beserta official dari UIN, IAIN, dan STAIN seluruh Indonesia hadir," jelas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal di sela peringatan Hari Guru dan PGRI, di Blang Padang Banda Aceh. seperti yang dilansir oleh situs resmi kantor wilayah kementrian agama provinsi Aceh.
Setidaknya ada empat cabang lomba yang akan diselenggarakan dalam ajang multi-event dua tahunan bagi mahasiswa Islam tersebut, yakni cabang lomba Ilmiah, riset, seni dan olah raga. Ajang lomba ini akan diselenggarakan pada 26 April-01 Mei mendatang.
Dalam rangka perhelatan akbar inilah, IAIN Antasari pada Jum’at 17 Maret 2017 kemarin di  Auditorium Masturi Jahri, secara serius mengadakan seleksi peserta dalam cabang lomba seni pada perlombaan pop solo Islami. Kerjasama antara Rektorat dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Musik.
Sebanyak 33 peserta mengikuti seleksi  dari berbagai kalangan mahasiswa di tiap Fakultas. Mereka silih berganti untuk menampilkan suara khas terbaiknya.
Setidaknya ada tiga hal yang menjadi kriteria juri dalam penilaian, yakni teknik vocal, meliputi attack, release, artikulasi, vibrasi, improvisasi, sustain dan dynamic. Kemudian, keselarasan musik dan lagu (red: harmoni) dan penilaian terakhir adalah penampilan, berkaitan dengan etika dalam performance di atas panggung baik itu sikap dan busana yang digunakan. Mekanisme penampilan dilakukan dari satu peserta dengan membawakan satu lagu yang telah ditentukan dan satu lagu pilihan untuk setiap peserta.
Adalah Rina Aulia, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris  yang telah berhasil mengantongi nilai tertinggi, 1600 dari semua juri. Gadis berkerudung pink ini mengaku satu malam sebelum seleksi telah menyiapkan diri baik itu niat dan latihan.
Penjurian sendiri dilakukan oleh Surya (Juri Lokal), Eka (Pengasuh Antasari Voice) dan Rendi Ramadhan (Senior, Sanggar Musik)
Gadis yang berhasil mengambil hati para juri ini mengutarakan jika latihan bernyayi itu ia pelajari dari pengalaman yang sering tampil di luar. Untuk persiapan kedepan, sebelum terbang ke kotai serambi Makkah, Rina akan menjaga kesehatan dan terus berlatih untuk mengharumkan nama baik IAIN Antasari Banjarmasin. “Motivasi serta tujuan saya ingin Go National dan pastinya juara”, ucapnya.
“Perasaan saya terpilih sebagai perwakilan dari kampus hijau, tentunya senang, bersyukur dan bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati proses”, tutur Rina pada reporter  sukma,  seusai hasil pengumuman pemenang, pukul 04.33 waktu setempat.
 “Semoga kelaknya dapat membawa nama harum kampus, juga jaga kesehatan dan jadikan dirinya sebagai motivasi orang lain.” tutur Shaeful Adib, ketua Sanggar Musik.

Rep: Hafi
Editor: si Mbah

Jejak Redaksi

Labels