Mahasiswa Keluhkan PUSKOM





copy right google.com
PUSTIPD ( Pusat Tekhnologi Informasi dan Pangkalan Data) atau yang lebih akrab disebut PUSKOM (Pusat Komputer) adalah suatu tempat yang memberikan pelayanan Internet berupa wifi berserta seperangkat komputer yang bisa digunakan di tempat.  
PUSKOM (Pusat Komputer) ini terletak di sisi kanan lantai satu PSB (Pusat Sumber Belajar). Pelayanan yang disediakan pihak pengelola, acap kali digunakan oleh sebagian mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah bagi mereka yang belum memiliki laptop pribadi. Setidaknya, ada 10-25 mahasiswa perharinya yang memanfaatkan fasilitas ini. Papar Zainal Fikri pada reporter Sukma, Jum’at (24/03).
Berdasarkan pemanfaatan fasilitas ini, tak heran jika mahasiswa mengeluh dan resah ketika terjadi kerusakan pada seperangkat komputer. Seperti yang diungkapkan salah satu pengguna PUSKOM yang tak ingin namanya disebutkan, “kecepatan internet yang lemah, ditambah komputer yang bisa mati dengan sendirinya membuat hati merasa jengkel karena saat tugas telah selasai namun belum disimpan tiba-tiba komputer mati dan data yang diketik pun hilang,”
Untuk mengetahui lebih lanjut kejelasan keluhan tersebut, reporter Sukma pun menemui Zainal Fikri, Ketua PUSKOM (Pusat Komputer), Kamis (23/03). Ia menjelaskan bahwa kecepatan internet yang disediakan tidaklah rendah, melainkan dibatasi demi kepentingan bersama sebagai pengguna PUSKOM (Pusat Komputer) agar semua dapat mengakses internet. Tapi jika banyak pengguna yang sedang memanfaatkan fasilitas PUSKOM (Pusat Komputer) ini, maka tidak menutup kemungkinan membuat kecepatan internet menjadi rendah. Walaupun demikian, pada dasarnya kecepatan yang disediakan memang telah disediakan berdasarkan kebutuhan si pengguna. Dan mengenai kerusakan seperangkat komputer yang terjadi itu diluar dugaan pihak pengelola. Jadi, kerusakan seperangkat komputer itu tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi kerusakan. Namun, jika terjadi kerusakan maka akan segera dilakukan perbaikan.
Menanggapi hal ini, Sukarni Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan. memaparkan, bahwa setiap tahun dilakukan perbaikan pada komputer. Bahkan tanpa menunggu setahun jika ada komputer yang rusak dan ada laporan maka akan segera diperbaiki juga rencananya di bulan april mendatang akan ada pembelian komputer yang baru. Saat ditemui di ruang kerja, lantai II gedung Rektorat, Kamis (23/03)

Rep: Ifa & Bunga
Editor: si Mbah