Resufle Dosen yang Bukan Ahli dalam Bidangnya

Sumber google

 Oleh : Muhammad Mawahib
Mahasiswa Dakwah IAIN Antasari Banjarmasin

    Setelah kurang lebih dua minggu menjalani final test maka Semester genap pun sudah berakhir  dan tibalah waktunya untuk mahasiswa iain antasari banjarmasin akan menghadapi libur panjang. mahasiwa akan kembali kekampung halamannya masing-masing tetapi tidak untuk mahasiwa yang semester 6 fakultas syariah sebagian mereka akan menghadapi kegiatan PKL atau magang selama bulan ramadhan ini dan untuk mahasiswa fakultas dakwah yang semerter 6 mereka sibuk mempersiapkan PKL atau magang  yang akan mereka jalani disemester 7  nantinya tetapi Selama bulan ramadhan ini iain antasari banjarmasin akan disibukan dengan penerimaan mahasiswa baru. Calon mahasiswa baru akan menjalani tes di bulan ramadhan ini, mereka pun disibukan dengan mempersiapkan peralatan kuliah disemester ganjil nantinya. setelah menghadapi bulan ramadhan ini barulah mahasiswa lama yang akan disibukan dengan segala aktivitas dari bayar daftar ulang, mengatur mata kuliah atau mengisi KRS online sampai konsultasi dengan dosen pembimbing.

    Diantara empat fakultas mereka ada yang masih menggunakan kurikulum lama dan ada juga memakai kurikulum baru, untuk memakai kurikulum lama maka mata kuliahnya masih sama dengan yang dulu tetapi untuk memakai kurikulum baru maka akan bertambah beberapa mata kuliah. biasanya sebelum memasuki sesmester inilah dosen akan ditentukan mengajar dimata kuliah apa nantinya. Berkaca Pada tahun sebelumnya banyak mata kuliah dipegang oleh dosen yang bukan ahli dibidangya,jadinya ketika mau memberikan pelajaran dosen sendiri bingung untuk menjelaskannya jadinya mereka memberi hanya sedikit teori tanpa penjelasan tetapi banyak tugas yang dituntut untuk sempurna. Niat dosen sih baik untuk menjadikan mahasiswa termotivasi dan bisa nantinya dimasa akan datang, tetapi ketika sudah dikerjakan tidak ada tindak lanjutan atau perbaikan akibatnya mahasiswa itu banyak mengeluh dan mereka bingung untuk mengerjakan tugas, yang mana tugas itu sendiri tidak pernah belajar atau diberi penjelasan, jadinya banyak mahasiswa yang kurang mengerti tentang pelajaran itu. 

    Semestinya dari pihak fakultas taruhlah dosen itu memang ahli dibidangnya,jangan menaruh dosen seadanya saja atau bukan ahli dibidangnya, kasian dosen dan mahasiswanya akibatnya akan terulang seperti tahun sebelumnya. Kalau memang ahli dibidangnya dosen itu akan mudahmenjelaskan pelajaran kepada mahasiswa disamping memberikan pelajaran mereka juga bisa berbagi pengalaman tidak hanya memotivasi saja dan mahasiwanya juga mengerti dan memahami isi pelajaran itu.jadi ketika memberikan tugas mereka tau apa yang harus mereka beri dan apa yang harus mereka koreksi jadinya bisa diperbaiki oleh mahasiswa nantinya dan untuk dosen juga akan mudah memberi nilainya.
    Jadi sebelum kejadian tahun kemaren terulang kembali, saatnya pihak fakultas untuk mengevaluasi dan mengganti dosen yang bukan ahli dibidangnya. Wallahu a'lam..

Pages