Pekan Ilmiah dan Haflah Rajabiyah





Sabtu, 16 April 2016 Program KhususUlama (PKU) di Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Akhlaq Tasawuf (AT) dalam minggu ini kembali melaksanakan proker tahunan yakni Pekan Ilmiah dan Haflah Rajabiyah dalam meyambut bulan suci Rajab. Tak kalah meriah dengan Ma’had Al-Jami’ah yang juga mengadakan Pekan Rajabiyah.

Acara ini adalah salah satu program kerja jangka panjang Organisasi Program Khusus Ulama (OPKU). Acara ini digelar dengan tujuan membangkitkan prestasi dan kreasi dari mahasiswa PKU, merayakan syiar di bulan suci rajab seperti ummat islam yang lainnya dengan agenda Haflah, serta acara ini diselenggarakan sekaligus merayakan Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW yang dilaksanakan setelah penutupan Haflah.

Pekan Ilmiah dan Haflah Rajabiyah 2016 ini diisi dengan berbagai lomba yang mendorong dan membangkitkan prestasi mahasiswa PKU tersebut. Agenda yang diselenggarakan seminggu penuh ini dikonsep oleh divisisosial keagamaan dan divisi kebersihan. Beberapa rangkaian lomba, diantaranya lomba Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Tartilul Qur’an, Futsal, Stand Up Comedy (Mahalabiu), Tahfizh, DesainGrafis, Games Berantai, Iklan dalam Sketsa, yang berkategori perkelompok. Sedangkan lomba Masak, Gebyar Maulid Habsyi, Drama Islami, Tarik Tambang dan Nasyid adalah untuk kategori ditiap angkatan 2013-2015. Kemudian dilanjutkan acara PeringatanIsra’ dan Mi’raj baginda Rasulullah SAW.

Menurut Sufian Sauri selaku ketua pelaksana Pekan Ilmiah dan Haflah Rajabiah. Acara ini dilaksanakan dengan misi membangkitkan dan memotivasi prestasi dan kreasi mahasiswa PKU agar bakat-bakat terpendam itu bisa terlihat dan bagi yang sudah punya bakat lahiriah dalam lomba akan semakin meningkatkan dan mengasah kelebihan itu untuk menjadi semakin baik, karena menurutnya dengan adanya acara ini kita bisa menyaksikan teman-teman menampilkan performance-nya dan memunculkan “ini loh diri mereka” yang masing-masing pasti memiliki bakat dan kelebihan dibidangnya” tuturnya.

Acara pembukaan lomba pada pagi sabtu dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) yakni Dr. Saifuddin M.Ag untuk menyampaikan sambutan serta membuka langsung acara tersebut. Dukungan antusias selalu diberikan dan disisipkan beliau ketika sambutan, agar mahasiswa Program Khusus Ulama tidak pernah patah semangat dalam mencapai cita-cita, terus mengasah prestasi dan bakat yang mereka miliki. Bukan hanya acara PKU, acara HMJ pun juga selalu beliau dukung dengan sepenuh hati jika hal tersebut membawa kemajuan dan kebaikan bagi mahasiswa jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Semoga acara ini membawa banyak manfaat serta bisa diambil contoh bagi orang lain dalam merayakan syiar dibulan suci rajab. Serta banyak membawa berkah bagi kita semua, amin, tutupnya. (hilal/lpm-sukma)

Pages