BLBK Siapkan Calon Konselor





           Sabtu (08/04), di Aula Perpustakaan IAIN Antasari digelar acara pelatihan keterampilan memimpin kelompok pada bimbingan konseling. Biro Layanan Bimbingan Konseling (BLBK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin menyelenggerakan acara untuk calon konselor ini. Dua pemateri dihadirkan yakni Mufida Istiati, M.Pd dan Nurul Rahmi, M.Pd

Menurut Ketua Pelaksana Program BLBK Ermalianti M.Pd, Program BLBK untuk mahasiswa KI-Bimbingan dan Konseling Islam (KI-BKI) angkatan 2013, 2014 dan 2015.

          Bimbingan Kelompok secara kecil hingga besar ini adalah bagian orientasi yang diadakan dengan tujuan untuk memperdayakan dan memfasilitasi seperti layanan, teknik test dan non-test dan RPL, cuman karena ini terbilang baru, termasuk launching pertama bagi mahasiswa dalam dinamika kelompok yang terbentuk darisuasana kerja sama, saling mengenal, akan tetapi lebih dari itu harapan yang diusung setelah dari pelatihan ini, agar dapat menjalin lagi dari instansi yang serupa yang terkait, paparnya.

            Mufida Istiati mengatakan, sangat baik sekali adanya kegiatan seperti inidalam mengenal per-angkatan bahkan mengetahui seluruh mahasiswa BKI untuk membina hubungan yang baik, juga dari dosen sendiri dapat mengenal langsung dari beberapa mahasiswanya secara praktek dari sekian teori yang diperolehnya dibangku kuliah dan harapnya penuh didukung oleh kampus, fakultas dan mahasiswanya sendiri dengan BLBK bisa dapat bekerja sama dengan baik hingga memanfaatkan dan mengembangkan potensi mahasiswa itu sendiri, khususnya mahasiswa BKI, ungkapnya seusai acara.
Terima kasih kepada BLBK yang sudah menyelenggarakan acara, adanya kegiatan-kegiatan yang akan diprogramkan semoga menjadi lebih baik lagi, meningkatkan acara-acara selanjutnya dan menjadi lebih menarik agar dari segi jumlah bertambah, ucap Nurul Rahmi M.Pd seuisai acara.

         Sementara itu, Asisten Konselor BLBK yang salah satunya adalah Siti Rahima,ia menambahkan waktu yang disiapkan oleh panitia dari suksesnya acara ini yakni satu minggu,menciptakan suasana kekeluargaan mahasiswa BKI dan juga terus berkesinambungan antar angkatan, semisalnya pelatihan diapung tarbiyah yang akan dijalankan, bahkan harapnya baik dari kakak tingkat maupun adik tingkatnya saling senyum. Kan, kita sama-sama satu jurusan, sama-sama satu tujuan, sama-sama satu harapan dan itulah keluarga, tuturnya.

         Muhammad Azmi Nur, Mahasiswa KI-Bimbingan dan Konseling Islam’14. Sangat mengapresiasikan terhadap BLBKserta para panitia yang telah mengadakan acara ini, terima kasih sebagai peserta merasa pelatihan-pelatihan seperti ini sangat penting untuk calon konselor ke depan, adanya pelatihan ini sebagai calon konselor mendapatkan sebuah pengalaman, pengajaran dan hal-hal  apa yang harus dilakukan oleh seorang konselor profesional, harapannya dengan acara seperti ini, saya dan teman-teman yang lain mendapatkan pengalaman yang berharga ke depannya dan menjadi konselor profesional, ujarnya. (m rahim/lpm-sukma).