Student center (SC) : Tempat Berorganisasi, Bukan Rumah Dimalam Hari


Sumber Google
Oleh : Wahyu Fitrianto (LPMSukma)

Student center atau sering di kenal dengan sebutan SC. Merupakan tempat berkumpulnya keluarga besar mahasiswa dan civitas akademik.Tempat aktivitas mahasiswa ini menyediakan fasilitas yang sesuai dengan dasar dan tujuan kampus, sudah tentu banyak kegiatan organisasi di dalamnya baik UKM maupun UKK. Bagi mahasiswa yang memiliki organisasi maka disediakan lah oleh pihak kampus sebuah tempat untuk berkumpulnya para mahasiswa dalam melakukan sebuah kegiatan.
Terbayang kan kalau para mahasiswa yang punya organisasi tidak memiliki tempat untuk berkumpul?. Maka yang terjadi mereka malah ngumpul dipinggir-pinggiran kampus seperti tajau (taman hijau), seperti yang ada di kampus hijau ini. Enggak ada salahnya sih ngumpul di tajau kalau cuacanya mendukung , tapi pas musim hujan gimana kan gak lucu rapat sambil hujan-hujanan.
Maka dari itu sangatlah beruntung kampus kita memiliki Student Center (SC). Dimana kita dapat berkumpul dengan nyaman didalamnya,sehingga kita lebih bisa mengapresiasikan diri dalam sebuah organisasi yang kita ikuti.
Di gedung SC tersebut terdapat banyak kegiatan mahasiswa seperti latihan tari dan teater yang diadakan oleh sanggar, latihan beladiri yang dilaksanakan oleh organisasi beladiri, dan banyak lagi kegiatan positif disana. Termasuk sudah setahun ini di gedung SC tersebut mengadakan habsyi atau pembacaan burdah setiap malam kamisnya.
Tapi ingat, ada batasan waktu yang telah ditentukan oleh pihak kampus yaitu sampai pukul 10 malam. Ketika jam sudah menunjukkan pukul 10 malam, maka sudah tidak ada lagi kegiatan dalam SC. Ingat SC bukan rumah atau tempat kos kita, banyak mahasiswa yang lupa waktu karena lagi asyik-asyiknya berkumpul sampai-sampai lewat dari jam yang telah di tentukan. Kalau waktu nya pulang ya pulang jangan sampai diusir pak satpam, kan dipandangnya kurang baik kesan nya dirumah sendiri diusir penjaga.
Selain batasan waktu yang harus di patuhi, masalah kebersihan juga perlu kita jaga agar SC menjadi nyaman untuk di tempati. Mungkin lebih baik di SC diberikan satu ruangan khusus bagi yang mau merokok (Smoking Area) supaya asapnya tidak kemana-mana. Agar kesan nya tidak seperti pengasapan nyamuk alias penuh dengan asap dalam SC saat masuk.
Bagi mahasiswa aktivis, terutama kadang hal seperti itu tidak lagi diperhatikan saking sibuknya mereka dengan agenda-agendanya, sehingga melupakan hal yang sekecil asap rokok.
Intinya untuk para mahasiswa yang beroganisasi di dalam Student Center (SC) maupun aktivis dan para menteri-menteri yang bernaung di dalam SC, marilah kita buat SC senyaman mungkin ditempati bersama-sama, ciptakan keindahan dalam SC bukan kesuraman yang ada.