Sabtu, 19 Maret 2016

DOSA MAHASISWA JOMBLO

 Soal mahasiswa tentu saya teringat pada beberapa peristiwa penting Negara ini. Dan lebelnyapun mentereng buat mahasiswa “agent of Change, agent control social” oke banget julukannya. Untuk saat ini apakah mereka sudah puas dengan kata agent-agenan  gak ya?  Tentu saya sebagai mahasiswa sangat puas. Wong saya smester 8 belum KKN. Kredit belum lunas pula.

Mahasiswa sebagai agent! Tunggu dulu, kudu mencari sensasi yang pas buat loe pade. Semisal saat ini, yang lagi musim hujan mesti ada agent hujan biar kempus kita tidak kebanjiran. Nah, kalo itu agentnya harus dari mahasiswa yang keren, maco kayak ketua DEMA-DEMA se-IAIN dan harus bisa berkomunikasi dengan malaikat hujan. apa kada kasihan melihat mahasiswi menjinjing rocknya. Mendingan kalo pake kaos kaki panjang, pada ngiler para jomblo kampus. Sayapun juga

Kalo ada audition agent atau duta kampus hijau kita ne RAMENYA minta ampun. Namanya Duta Nanang Galuh. wieh!!! kedutaannya seperti apa ya? Apa para duta Nanang-Galuh disini bisa menjadikan begantang cantik kayak ketua Sahabat Begantan Indonesia (SBI) di Kalimantan Riezki Amelia, si dosen  muda berkacamata dari kampus sebelah yang sibuk mengapload foto senyum sensualnya di media sosial. Jangan syirik kalo saya tau, soalnya pengagum berat beliau. Bagaimana kada kagum, beliau Dosen muda barangkali masuk deretan mama muda yang menghimpun masyarakat banua supaya peduli terhadap binatang sejenis kera yang baru saja dijadikan mascot Banjarmasin. Itulah agent keren, terus Nanang Galuh piye? beberapa tahun lagi andai dia mencalonkan sebagai walikota Banjarmasin saya yakin akan banyak yang memilih. Pingin donk Banjarmasin dipimpin wanita kayak di kota Soroboyo yang popular, Risma. Walikota Tangerang Selatan Rini, dan dua Srikandi kabupaten Klaten, jawa tengah. Saya mau jadi tim sukses jika berkenan nyalon jadi pemimpin daerah. Jangan camat wara’ wanita yang jadi pemimpin di Banjarmasin ini (camat Banjarmasin timur dan utara kalo gak salah wanita). Wiliiieh, kalo pemimpin daerahnya wanita, nanti mascot kota akan dihias sepaya indah dengan pemandangan hijau, ada banyak bunga-bunga bermekaran lalu dipinggiran siring ada sejumlah begantan yang ramah tamah. Wisatawan asing pasti berdatangan buat selfie dengan (patung) begantan dan di aplode ke media sosial. Setelah itu, banyaknya wisatawan asing berkunjung, dana APBD kita akan meningkat, investor akan ngikor. Imajinasi saya sangat buruk kan buat Banjarmasin!?

Saya tidak akan banyak berhayal. Katanya sih dalam kitab yang tidak pernah terbuka sekali denger bahwasanya berhayal separuh dari iman akan hilang. Dan saat ini iman saya tingal separuh dari separuh, apes. Kalo gitu, kembali pada mahasiswa kampus kita. Jadi mahasiswa “awet”.  saya banyak makan garam kampus. (Gak keasinan tuh) Tipe-tipe mahasiswa saya ‘tidak’ banyak tau, kecuali mereka yang suka selfie jangan ditanya lagi. Bila sudah selfie saya suka mencuri senyum dari samping biar ada penampakan. Kemudian saya segera melihat kepintu siapa tau disana ada pamflet audisi model majalah sukmagizine.  Audisi cover girl. Cover majalah paling keren sekampus hijau. Saya sih kordiv percetakannya. Hahaha

Membio sukmagizine harus super tabah sebab disana kumpulan anak jomblo. Bisa-bisa nanti didalam rubrik majalahnya itu ada halaman khusus orang-orang jomblo serta foto plus captionnya.  seperti berapa lama mereka  berstatus jomblo, surat terbuka buat si jomblo atau laporan khusus cara mengatasi anak jomblo sedunia. Kalo boleh mengajukan saran, buatlah proposal ke Ahlinya pembuat peraturan DPR Kalimantan atau Rektorat biar ada peraturan mahasiswa tidak boleh jomblo atau diberi inisial semisal dibuatkan kartu jomblo lengkap dengan foto terbaru sebadan. Jika tidak punya fotografer kece sukma selalu siap menerjunkan anggotanya asal ada anggarannya. Namanya Muhammad Ali Furqan, ‘spesialis ahli’ fotografer perjombloan.  Sedikit buat pekerjaan untuk mereka. lagipula saya akan lebih cepat jadi sarjana abal-abal dengan status sarjana jomblo karena adanya ‘aturan itu’ saya mesti keluar untuk mempertahankan kejombloan. Asik tuh. Karena sukma sudah jadi komunitas jomblo, setiap ada perkumpulan wajib membully kekawanan, kalo tidak ia akan terkena DOSA BESAR. Waduh opo wale iki mas. Sebab besarnya dosa status jomblo itu, saya selalu menghindari sekretariat sukma dan memilih ke perpustakaan. Membuka kitab google siapa tau jawaban dari ancamannya dapat ilmu berokah. Atau menjadi anak sholeh. Eh, salah.

Hari jumat sore, pas kumpul dan unjuk kebolehan baca puisi ditajau (Taman Hijau), status saya berubah. Ali JJS. (jomblo-jomblo suka sastra) saking kerennya saya berencana membuat patung saya ditajau. Sang mahasiswa jomblo abadi, mumpung disana gak ada patung REKTORAT yang paling berjasa kayak di Universitas HARVAD yang ditengah-tengah kampus ada patung JOHN KEYNIS (pasti tau kan pembaca budiman para pecinta drama korea yang soothing di university harvad siapa itu john keynis, dengan judul felmnya love is harvad). Dia itu si Pemikir system ekonomi yang sangat berpengaruh di dunia modern setelah ia menumbangkan pemikiran KARL MARX si meistro ekonomi sosialis komunis. Sekedar rencana sih, paling tidak patung saya nantinya dibuat tempat selfie para mahasiswi, Siapa tau galuh kampus serta demawati ada yang tertarik menjual patung saya dengan menerapkan aturan orang yang mau selfie dekat patung harus bayar. Peluang bisnis brey. Keuntungannya nanti kampus tidak kekurangan dana untuk pembangunan gedung dimana? Banjarbaru bosss!!! (gedung kampus di Banjarbaru itu rancangan tahun berapa ya, yang tahu kontak saya ….) dan terasnya tidak etis kalo masih kebanjiran, eh, tergenang air. terus  patung itu akan diberi nada “maaf jangan dekat-dekat saya masih jomblo, bahaya”. Setiap orang yang selfie disitu harus ada filenya dan dikumpulkan ke panitia cover girl sukmagizine. Sukmagizine jangan kecil hati, pasti kejipratan juga. saya akan memberi aturan kok. Keuntungan tarip sebagian harus masuk sukma biar cetaknya ga talangan terus gara-gara instansi tidak menyediakan dana khusus buat percetakan sukmagizine yang tentu membawa nama harum instansi sejauh mana ‘majalah itu disebar sich’, konsistennya paling tidak tersebar ketiap kampus Se-Kalimantan Selatan. Hayoou. Apa ada yang mau beriklan!!!? Divisi periklan tidak keberatan. Asal cocok dengan space jar

Sekadar promusi buat galuh-galuh cantik kampus, ada audisi cover majalah sukmagizine lhoo sekarang, lihat aje aplotannya banyak di GROUB FACEBOOK Lpm Sukma IAIN Antasari Banjarmasin tentunya di BBM. BBM disini bukan Bahan Bakar Minyak ya. Saya tidak tau apa itu kepanjangannya. Ujarnya sih aplikasi media sosial. Umpati ya unyu-unyu, tunjuki kalo kamu elegan dan yang pasti FOTO kamu akan dilihat para jomblo sukma kok secara bergiliran. Hallooo, Ora mikir panjang, buruan waktunya terbatas sampai tanggal berapa Fitria Annisa? Lalie saya. jangan selalu urus kecantikan dan fishion doank. Pikirin juga gimana caranya supaya tidak menjinjing rock, kasihan saya. Dan mesti ingat mahasiswi tidak boleh bawa mobil kayak para petinggi kampus yang langsung turun diteras. 100 m naik mobil? Kalo ini 100% saya minta ampun yang mulia. Ya ga bakalan kena airlah. BOLEH HAJA sesenengi sidin.

Sehubungan saya jurusan ekonomi tok, ga bisa bikin UUJ (Undang-Undang Jomblo). Saya minta maaf kepada pembaca tulisan ini saya harus memanggil orang hukum, si rekan Moh. Mahfud. Sang Pimum Sukma. Permintaan saya hanya satu, bentuk MKJ (Mahkamah Kehormatan Jomblo) iseng-iseng sebagai tandingan MKD (Mahkamah Kehormatan Dewan) di pusat ibu kota indonesia beberapa waktu yang lalu, untuk membahas dosa-dosa para jomblo. Dan juga rekan Taufik Rahman si pakar analisis jomblo Redaktur Pelaksana sukma tolong beri tau saya berapa besar faktor kejombloan mahasiswa untuk kehancuran kampus. Maksudnya kehancuran mental para jomblo kayak saya 8 smester masih saja ga’ berubah. Hemm, Supaya lengkap saya mesti mendatangkan pula konsultan jomblo Sukma si Jahidatunnisa. Pertanyaannya sangat gampang buatnya yang selama ini solusinya bikin adem ayem, komentarnya sangat menyentuh hati seakan kesejukannya  berada di atas awan sambil mendengarkan lagu mars Lpm sukma perjuangan. Apakah saya punya kesempatan tidak jomblo sehabis menulis dosa mahasiswa jomblo di portal WWW.LPM SUKMA.COM.? sekian.

Oleh : Ali



Jejak Redaksi

Labels