Sabtu, 02 Januari 2016

Mahasiswa Teladan 2015.


BSukma-bertempat dihalaman PSB apel pada hari ini (17/12) terasa berbeda, karena ada pengumuman peserta mahasiswa teladan IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2015.


Adapun mahasiswa yang terpilih menjadi mahasiswa teladan I dan II IAIN Antasari Tahun ini jatuh kepada Tri Hermawan dan Siti Khairiah, keduanya merupakan mahasiswa Tafsir Hadits Program Khusus Ulama Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.


Sementara Peringkat Ketiga diraih oleh Taufik Rahman mahasiswa jurusan Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.


Penyerahan piagam dan sertifikat langsung diserahkan oleh Rektor IAIN Antasari kepada para peserta setelah apel. Hadiah yang diperoleh oleh para peserta adalah berupa uang tunai senilai 8 juta rupiah kepada teladan I, 6 juta kepada teladan II, dan 4 Juta kepada teladan III serta masing-masing satu juta kepada para peserta.


Namun, menariknya penyerahan penghargaan kali ini terasa kurang lengkap karena Mahasiswa Teladan III, Taufik Rahman tidak menghadiri acara tersebut.


Saat dikonfirmasi mengenai ketidakhadirannya saat pemberian penghargaan pada (19/12) Taufik Mengaku saat itu masih mengikuti program fakultas untuk mondok di Ibnul Amien, Pamangkih.

“Panitia sudah menghubungi, ibunda ketua jurusan juga sudah menghubungi supaya bisa berhadir di acara tersebut, tapi hari itu kami yang magang dipondok juga ada acara, perpisahan dengan para pengajar disana.”


Sebelumnya tes penjaringan mahasiswa teladan tahun ini dilaksanakan pada tanggal 16-20 November 2015. Dengan masing-masing fakultas mengirimkan dua delegasi. Peserta seleksi terdiri dari delapan orang. Setiap fakultas mengirimkan dua orang peserta yang telah lulus seleksi di tingkat fakultas. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam mengutus Taufik Rahman dan Luthfia Azizah (keduanya dari Prodi Hukum Keluarga), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengirim Ainun Mahfuzah (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibitidaiyah) dan Khairi Waridha (Prodi Pendidikan Agama Islam), Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengutus Halimatus Sa’diyah (Bimbingan dan Penyuluhan Islam) dan Fitria Ramadhani (Komunikasi dan Penyiaran Islam) dan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora mengikutkan Siti Tri Hermawan dan Khairiah (Keduanya dari Prodi Tafsir Hadis).


Materi seleski meliputi aspek keagamaan oleh penguji Dr H Sukarni MAg, aspek prestasi akademik oleh Prof Dr H Syaifuddin Sabda MAg, aspek kepribadian oleh Yulia Hairina MPsi, aspek bahasa asing oleh Drs H M Amin Djamaluddin MA, aspek wawasan akademik-umum oleh Prof Dr H Mujiburrahman MA, dan aspek aktivitas kemahasiswaan oleh Drs H Sofyan Noor MSi.


Salah seorang panitia seleksi, Abdi Rifan SKom mengatakan, sebagaimana tahun ini, pada tahun 2016, seleksi akan kembali dilaksanakan dengan memperebutkan berbagai hadiah dan penghargaan yang menarik. “Jadi kita harapkan partisipasi yang lebih luas dari rekan-rekan mahasiswa,” tukasnya.

(Furqan/Sukma)

Jejak Redaksi

Labels