Selasa, 23 Juni 2015

Ramadhan di Kampung Halaman

By Heldawati

Apa ya kegiatan ibu RT???
Bsukma- Selasa(23/06) Amuntai, kegiatan ibu rumah tangga salah satunya ibu Fatmah jalan Pelita desa Ujung Murung.

"Bulan ramadhan tahun lalu pernah berjualan seperti jual sayur matang dan gangan (banjar) tapi tahun ini tidak lagi, masa dalam setahun tidak bisa libur jualan. Jadi, bulan ramadhan kali ini dimanfaatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca al-Qur'an, salat terawih, mendengarkan orang ceramah dan ikut pengajian. Biasanya jika siang jualan, malam pengen istirahat dan salat terawih kadang terlalaikan sebab kelelahan, papar ibu Fatmah".

"Kegiatan bulan ramadhan tahun ini bekerja membantu orang yang memesan makanan untuk berbuka puasa dan menjualbelikan sayur matang dan gangan (banjar) untuk tetangga yang malas menyiapkan berbuka karena lanjut usia, lanjutnya".

Penjualan dilakukan apabila ada satu atau dua mangkik sayur dan gangan (banjar) yang tersisa. Itupun tidak ada istilah untuk dijual banyak kepada tetangga, agar tidak kelelahan sayur yang dibuat sekalian untuk berbuka puasa. Kalau ada yang mau membeli, dijual dan yang mau meminta, dikasih.
Tahun lalu tidak ada yang memesan makanan, tapi tahun ini ada pemesanan makanan untuk berbuka dalam rangka selamatan arwah 7 hari dan 25 hari kematian yang banyak sekitar 180 piring.

"Biasanya yang membantu saya dalam membuat pesanan makanan untuk berbuka adalah anak, kaka ipar dan orang tua dengan memulai kegiatan dari jam 9 sampai dengan jam 3 sore serta jam 4 siap untuk diambil oleh orang yang memesan makanan (mama Ati) yang letak rumahnya sekitar enam buah rumah dari rumah saya, dan juga yang membeli sayur atau gangan rumahbya berseberangan (mama Utuh Lagung) dan bersebelahan (Aman Ancis) dengan rumah saya, papar ibu Fatmah panjang lebar".

"Masakan yang dibuatkan seperti bumbu bali, bistik, dll enak sehingga kami memesan kepada ibu Fatmah, papar mama Ati".

Jejak Redaksi

Labels