Meratus Peringati Hari Air Sedunia


BSukma- Kamis (26/03) puluhan anggota UKK Mapala Meratus yang tergabung dalam aksi peduli Air memperingati hari Air Sedunia dengan mengadakan bersih-bersih kampus dari pukul 16.00-18.00 WITA sore. Tidak tanggung-tanggung, cakupan wilayah yang turut dibersihkan adalah seluruh lingkungan IAIN. "Hari Air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret di peringati empat hari setelahnya. sebab, kita mencari moment yang tepat dan orangnya banyak" ujar M. Taufik Akbar (23) ketua umum UKK Mapala Meratus.
Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh mahasiswa IAIN secara umum dan seluruh anggota Mapala secara khusus terhadap kondisi Air sekarang yang ada di dunia khususnya di IAIN. sementara itu, kegiatan tersebut juga menyita ratusan pasang mata yang juga turut berpartisifasi dengan membubuhkan komentar mereka pada selembar kertas putih. "kita diminta tuliskan komentar tentang air, dan itu sangat kreatif" tutur Jihan (20) mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Berbeda dengan Jihan, Ali (20) Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan justru menganggap kegiatan ini adalah ajang silaturahmi nun halus dan lembut yang dibangun oleh Mapala Meratus. sehingga dimata mahasiswa se IAIN makin memperkokoh posisi mereka (Mapala) sebagai mahasiswa pecinta alam. "harapan saya agar Mapala makin bergengsi dan makin tajam kajiannya tentang alam" jelasnya lagi.
Tidak hanya di IAIN Antasari Hari Air Dunia yang juga diperingati di berbagai kota besar di Indonesia. Misalnya, seperti  di Papua oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan puluhan siswa dengan mengawal aksi tanam 150 pohon pad tanggal 22 Maret kemaren dan kota Jakarta oleh sejumlah aktifis dengan menari samman sekaligus kampanye hari air sedunia serta sejumlah kota besar lainnya. (reporter: Furqan/Hiffa )