Seminar Tenun Pagatan


BSukma- Seminar bedah buku 'Eksotika Tenun Pagatan' dan Bazar Ekonomi Kreatif, yang diadakan oleh Forum Silaturrahmi Mahasiswa (FOSMA) dan Asrama Mahasiswa Tanah Bumbu IAIN Antasari berlangsung di Auditorium Sabtu( 21/03)  Juga bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Banjarmasin Post.

Seminar ini dihadiri langsung oleh penulis buku “Eksotika Tenun Pagatan” Sri Hidayah M.Sc,  dan Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post, Yusran Pare. Dalam pembukaan terlihat pemutaran video dari Bank Mandiri tentang wirausaha muda Indonesia dengan judul “Yang Muda yang Menginspirasi” lalu dilanjut dengan peragaan model berbusana Tenun Pagatan yang ditampilkan oleh putra-putri Antasari.

Penulis buku tersebut juga mengatakan, kalau sebenarnya tenun pagatan sangat bagus, kekurangannya cuma pada tingkat produksi “Proses pembuatan tenun tidaklah mudah, penenun memerlukan waktu yang lama. Begitu pula penenun yang menua dan berkurang, rendahnya tingkat produksi, minat yang kurang, motif belum dikembangkan dan penjualan yang masih tradisional” tutur Sri Hidayah dalam pemaparannya.

Untuk peserta sendiri, tidak hanya didominasi dalam kampus, tapi juga dari luar dan undangan.“Peserta diperkirakan mencapai 300 orang termasuk mahasiswa IAIN Antasari dan undangan pun disebarkan keseluruh kampus seperti Universitas Lambung Mangkurat dan tujuan diadakannya acara ini untuk memotivasi untuk berwirausaha, karena bukan hasil kesuksesan yang dicari tapi prosesnya. Kegiatan pun dipersiapkan 1 bulan sebelumnya” tutur salah satu panitia yang tidak ingin disebutkan namanya itu.

Tidak hanya acara itu saja, peserta juga berkesempatan mendapatkan doorprise beasiswa MANDIRI untuk dua orang. Ini terlihat yang berhasil membawa doorpise adalah dari  kampus yang berbeda, yaitu mahasiswa dari kampus UNLAM dan kampus IAIN Antasari. (Reporter/Heldawati)

Pages