Tips sukses KKN

 BSukma--(Kampusiana Banjarmasin Post) saat akan menjalani KKN, ada yang perlu di perhatikan supaya terjalin komunikasi yang baik sesama teman. karena seringkali para peserta KKN bukan berangkat dari lokal yang sama. dari itu, ada beberapa tips agar saling mengenal satu sama lainnya. seperti yang di sampaikan oleh M. khalili. mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin jurusan PAI angkatan 2009.

Pertama, ketika kumpul bareng di awal pertemuan, silakan sampaikan kepribadian masing-masing seperti apa. Tidak usah malu dan gak enak, toh tujuannya untuk kelangsungan KKN yang akan dijalani
Sikap terbuka itu sangat diperlukan, apalagi di awal sudah disampaikan tentang kepribadian masing-masing individu. Sehingga teman-teman yang lain bisa mengetahui dan mengerti kepribadian teman barunya tersebut. Dari hal yang sepele, hingga yang terpenting untuk disampaikan adalah keterbukaannya

Kedua, tanyailah teman-teman yang aktif di organisasi kampus, baik yang internal maupun yang eksternal. Sebab orang yang aktif di organisasi berpeluang ditunjuk untuk menjadi ketua. Bukan karena ke-aktif-annya sebagai mahasiswa. tetapi karena kemampuan kepemimpinan dan birokrasinya.

Birokrasi itu penting, sebab itu menyangkut tatakrama dalam menempatkan kedudukan atau jabatan seseorang. Dalam sebuah acara tentu ada orang-orang yang perlu diundang dan diberikan informasi khusus, entah itu melalui surat maupun hanya pemberitahuan lisan. Lebih bagus itu lisan dan tulisan. Dan yang mengerti masalah ini hanya mereka yang ikut organisasi.

Ketiga, tanya kemampuan atau passion teman-teman. Yang mahir di bidang ceramah bisa diandalkan sebagai pengisi acara pengajian dan lain-lain. Intinya adalah memanfaatkan potensi yang sudah ada untuk mengisi acara-acara tertentu yang kadang bersifat dadakan.

Keempat, saling mendukung satu sama lain. Sikap ini perlu dimiliki setiap individu. Selain untuk menjaga nama baik universitas, menjaga nama baik kelompok KKN ketika berada di tempatnya masing-masing. Kekompakan itu harus dibentuk di awal supaya bisa menyatukan tujuan dan rasa kebersamaan.

Kelima, menciptakan program yang bersahabat dan mendukung potensi yang ada di masyarakat. Pilihlah program kegiatan yang mampu mengangkat dan memberikan wawasan yang sifatnya mencerahkan masyarakat. Mengadakan program yang membantu meringankan masyarakat dengan menawarkan ide atau konsep yang mudah dipahami dan dilakukan oleh masyarakat.

Keenam, menjalani aktivitas yang sudah direncanakan dengan baik dan tepat waktu. Buatlah program KKN itu se-enjoy mungkin, semanis anda menikmati es krim coklat. Janagn lupa untuk menjaga sikap dan menunjukan keseharian yang baik ketika berada di tempat KKN. Jika ke enam poin ini sudah dijalankan pasti KKN itu akan lancar dan sesuai dengan harapan. Semoga bermanfaat (BS Ali Faza /1/13/0032)


Pages