Seminar Sastra dan Kepenulisan Naskah


BSukma-- sabtu (3/5/14). Bertempat di aula PSB hari ini, sebuah acara seminar sastra dan worksop penulisan naskah dengan tema “eksistensi karya sastra dalam penulisan naskah drama di Kalimantan selatan” yang di adakah oleh UKM Sanggar Bahana. Sedangkan pematerinya adalah Y. S. Agus Suseno dan Ibrahim AJ. Acara ini di hadiri tidak hanya para mahasiswa IAIN ataupun para organisasi yang berkedudukan di IAIN, tapi dari berbagai tempat di Kalimantan selatan, seperti SMA Gibs Batola, teater Ilalang dan dapur seni Kalimantan selatan.

Dalam acara ini Agus Suseno menyampaikan bahwa “naskah drama adalah ruhnya dalam sebuah drama”. Dan naskah drama dapat juga di ambil dari cerpen ataupun puisi. Orang yang jadi pemain bisa mati, namun naskah yang di teaterkan akan kekal. Naskah adalah jejanya yang tidak pernah hilang. Ujarnya. Dalam menulis naskah drama pasti kita perlu imajinasi. Imajinasi itu bukan khayalan, sebab khayalan itu bisa layau, imajinasi itu adalah imaji, yakni sesuatu yang kita sadari, ungkap beliau lagi.

Sedangkan Ibrahim AJ memaparkan tentang praktek bagaimana menulis naskah drama itu. “para actor, sutradara, boleh berganti, namun naskah akan slalu di mainkan dengan actor dan sutradara yang berganti, ungkap beliau di akhir acara.

Sedang di akhir acara sebelum penutupan, seluruh peserta di suruh membuat naskah dan di kumpul kepada panitia. Tiga naskah terbaik akan mendapatkan hadiah oleh panitia. Serta akan ada juga pengundian hadiah dari tiket itu sebanyak enam orang. (BS/ Lihum/1/13/0025)