Seminar PMI: Remaja dan Kesehatan Mental


BSukma- Korps Sukarela (KSR) Palan Merah Indonesia (PMI), unit IAIN Antasari Banjarmasin kembali mengadakan seminar, di Aula PSB lantai 2 IAIN Antasari, Sabtu (19/04).
Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun KSR-PMI unit IAIN Antasir Banjarmasin yang ke-21 (14 April 2014). Dan merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap kesehatan mental para remaja. Seminar ini bertemakan "Menuju Kesehatan Mental Untuk Remaja Sebagai Bentuk Roteksi diri dari Hal Negatif".
Acara yang diikuti 80 orang dari semua kalangan, mulai SMA, Mahasiswa sampai Umum ini, sangat kondusif dan pesertanya sangat antusias sebab narasumber yang di datangkan adalah seorang psikolog yang telah kompeten dalam memahami mental remaja saat ini, seperti. Emma Yuniarrahmah, S.Psi, M.A. Dan ibu Azizah Fitriah, M.Psi, Psi.
Emma sendiri berharap, remaja haruslah siap menyesuaikan diri dari lingkungan dan budayanya.
"Remaja dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan 'perubahan' yang terjadi, ini terlihat dari kecenderungan remaja yang sangat rentan dengan hal-hal yang berbau negatif" tutur Emma saat menyampaikan materinya.
Berbeda dengan pemateri kedua, Azizah. dia menyinggung masalah kesehatan remaja yang seharusnya dipergunakan dengan baik justru malah terjerumus dalam dunia obat-obatan
"Kesehatan Mental pada remaja sangatlah erat kaitannya dengan remaja itu sendiri, artinya apa, remaja harus bisa menjaga kesehatannya dengan sebaik mungkin dan jangan sampai mengkonsumsi obat-obatan terlarang, karena itu semua bakal merusak dirinya sendiri", kata Azizah dengan penuh semangat saat menyampaikan materinya.
Disisi lain, diadakannya seminar ini tidaklah lain hanyalah menjaring remaja untuk tidak membudayakan rasa malas (sakit :red-) dan terhindar dari perbuatan yang menyimpan serta sadarnya pada diri sendiri kalau penerus bangsa adalah mereka yang masaih remaja.
(BS/Nissa/1/13-007)